Total Pageviews

Red Spinning Heart Within A Heart

Monday, July 30, 2018

Mission Failed : Kimchi dan Kimchi Bokkeumbab


Beberapa minggu yang lalu, aku sama temenku nyoba bikin kimchi sama kimchi bokkeumbab (nasi goreng kimchi) nih. Itu pertama kalinya sih kita bikin makanan Korea. itung-itung menguji lidah kita cocok gak sih sama makanan Korea wkwk.

Kita rencananya masaknya siang. Jadi, paginya kita ke pasar buat beli bahan-bahannya. Ya seperti sawi putih, udang rebon, buah pir, bon cabe (pengganti gochugaru), bawang putih, kecap ikan, wortel, tepung beras, bawang bombai, sama daun bawang. Aku gak akan jelasin langkah-langkah pembuatannya soalnya nanti bakalan panjang nih tulisan.

Siangnya abis dhuhur, aku ke rumah dia soalnya bahan-bahannya ada di dia. Kita mulai bikin tuh si kimchi. Jam 3 an baru selesai kalo gak salah. Soalnya sawinya harus didiemin selama 2 jam setelah dikasih garam.

Setelah 2 jam, sawinya udah layu, aku sama temenku bikin sausnya itu. dan sialnya kita lupa kalo bon cabe itu kan pedes, kita ngaduk-aduk sausnya gak pake sarung tangan plastik. Alhasil, setelah bikin kimchi, tangan kita panas banget. bertahan deh itu sampe malem.

Setelah sausnya jadi, tinggal kita lumurin aja ke sawinya. Harus rata. Dan setelah udah tercampur rata, tinggal dimasukin ke wadah yang kedap udara lalu disimpen kurang lebih 2-3 hari.

Setelah 3 hari, tepatnya di hari Minggu, si temenku dating ke rumah bawa si kimchi yang uah difermentasi. Kesan pertama waktu buka tuh kimchi…

“Kok baunya gini banget ya? apa emang gini?”
“Nah itu, tadi waktu aku buka di rumah rasanya gak kuat nyium baunya.”
“Yaudah lah ya coba aja dulu dimasak.”

Kita masih positive thinking aja, siapa tau pas udah jadi nasi goreng rasanya jadi enak. Tapi sebenernya waktu bikin kimchi bokkeumbab nya itu masih ada kendala. Kita butuh gochujang, dan di sini gak ada yang jual. Jadi yaudah deh kita balik pake bon cabe lagi.

Sebenernya, walaupun udah mencoba positive thinking, pikiran kita udah was-was. Ini pertama kalinya bikin makanan Korea, udah gitu yang bikinnya cukup ribet dan susah. Jadi kita takutnya kalo gagal.

Selama bikin nasi gorengpun kita masih harap-harap cemas. Takut gak enak aja di pikirannya.

Nasi gorengnya udah jadi, dan kita masih memandang ke arah nasi gorengnya dengan tatapan miris. Lagi-lagi takut gak enak.

Orang yang pertama nyoba itu temenku. Dia ngunyah tanpa ada ekspresi apa-apa. Dan waktu aku Tanya, dia bilang

“Coba aja sendiri.”

Dengan ragu-ragu, aku makan satu sendok nasi goreng kimchinya.

“Kok gini banget sih rasanya. Asem.”
“Nah itu, kayaknya gagal deh. Trus gimana nasi gorengnya? Masa harus dibuang?”
“Ya kalo kuat abisin ya makan aja.”

Dan dengan berat hati, kita gak lanjutin makan nasi goreng kimchinya. Kita gagal. Rasanya gak karuan.

Si temenku sempet bilang ke temennya yang orang Korea soalnya kegagalan kita bikin kimchi. Kata temennya dia, fermentasi kimchi gak harus 3 hari, kalo satu hari aja udah kerasa sedikit asem, berarti itu udah jadi. Dan dia bilang wajar kalo kita gagal, soalnya baru pertama kali bikin.

Tapi kita gak akan bikin kimchi lagi.

No comments:

Post a Comment